Blog sederhana

DIARY KKN GIRIPURNO 22 DESEMBER 2014

Tinggalkan komentar

Senin 22 desember 2014

Hari ini kami berlima pukul 9 pagi tepat berangkat menuju kantor kecamatan bumi aji bersama teman teman dari 7 desa lainnya.

kantor kecamatan

100_8721

kami berlima lagi sarapan dulu😀

Setibanya disana pukul 10.00 Kasful Husaini mewakili kordes untuk masuk ke dalam kecamatan untuk menerima arahan dari yang bersangkutan, kecamatan memperbolehkan kita untuk langsung survey ke desa untuk menemukan permasalahan yang tepat.

100_8741

kantor kepala desa

Pukul 11 siang kami berangkat menuju kantor kepala desa giripurno, setelah melintasi gunung melewati lembah dan tiba di antah berantah, akhirnya sampai di kantor kepala desa, kami diterima dengan hangat disana, kepala kelurahan bapak Suwanto mempersilahkan kami untuk langsung berbincang bincang dengan beliau, banyak hal yang kami bicarakan salah satunya:

1. Pendidikan

Kami diminta untuk langsung berkordinasi dengan kepala sekolah bersangkutan, disana terdapat 3 Sekolah dasar dan 1 MI, sekolah ini tersebar di desa tersebut, perlu diketahui desa tersebut dibagi menjadi 6 dusun, dusun krajan bisa dibilang paling baik,total ada lebih dari 10.000 warga di 6 dusun tersebut 20% adalah petani.

berdasarkan hasil perbincangan kami dengan salah satu warga, di puncak bukit terdapat tambang batu, yang batunya setiap hari ditambang 10 kali rit dengan mobil pickup, warga tersebut mengkhawatirkan jika tidak ada penanganan akan terjadi longsor, namun hal ini perlu diklarifikasi lebih lanjut.

2. Ekonomi Produksi

Disana mayoritas petani sayuran dan buah, ada juga jamur, hasil pertanian tersebut langsung dikirim ke Surabaya setiap hari jam 8 pagi, sayur sayur tersebut langsung dibeli tengkulak yang jumlahnya lebih dari 200, desa giripurno lebih mendominasi ke arah pertaniannya. Beliau mengharapkan agar dibangun biogas mengingat banyak sekali kotoran sapi yang tidak dimanfaatkan dengan maksimal

100_8726

100_8736

100_8738

perkebunan milik warga

3. Kesehatan

Kami diminta untuk langsung berkordinasi dengan PUSKESDES, namun saat kami berkunjung mantra PUSKESDES tersebut sedang keluar. Berdasarkan informasi yang kami himpun dari masyarakat desa ini memiliki banyak penderita stroke dan diabetes namun informasi ini perlu diklarifikasi lagi.

100_8730

100_8729

PUSKESDES

Setelah berbincang bincang dengan kepala desa kami berkeliing melihat potensi desa yang ada, situasi desa cukup aman, dibelah jalan raya, masuk ke perkebunan jalan tidak diaspal, penerangan di desa cukup baik namun di jalan raya ada beberapa blank spot, pom bensin terdekat 2 KM dari lokasi tersebut. Kami diminta untuk setiap kegiatan berkordinasi dengan karang taruna setempat

100_8727 100_8725

Lokasi jalan

Tantangan tim survey berikutnya adalah menentukan tempat tinggal, kordinasi dengan PUSKESDES,SD/MI dan karang taruna.

Akhirnya pukul 2 siang kami menyelesaikan survey kami di hari pertama, diharapkan survey –survey berikutnya bisa dilakukan per divisi dengan memperhatikan keamanan dan izin dari kordes, survey ini bersifat eksternal, dikarenakan menurut fakultas, kita hanya diberi izin survey 2 kali.

Penulis: dienst

Jika engkau dapat menemukan sedikit saja hal bermanfaat dari sini, maka sesungguhnya engkau dapat menemukan lebih banyak hal bermanfaat dari Al Quran. Setiap manusia memiliki potensi kesuksesan masing-masing. Maka jangan engkau lelah mengejar pelangimu sampai engkau dapat.