Blog sederhana

Campur-campur penuh warna

Cara Berkomunikasi

2 Komentar

Malam ini adalah looooooong weekend,, karena tidak ada kerjaan yang bisa dikerjakan lagi, saya akan bercerita tentang pengalaman saya mundur 5 tahun kebelakang dimana telah terjadi pembunuhan.

yaps, pembunuhan karakter, saya kehilangan skill berkomunikasi dan kepercayaan diri karena selama 2 tahun saya masuk ke dalam program yang cukup memperkosa pikiran saya, kenapa? karena dalam 2 tahun itu, kegiatan saya berangkat pagi, pulang sore, subuh belajar, pagi ujian, pulang sore lagi, malem tugas, subuh belajar, begitu seterusnya, tapi mau bagaimana lagi itu sudah komitmen yang diambil dan memang ada kebanggaan tersendiri juga sih lulus lebih cepat dari teman-teman yang lainnya

lulus dengan terengah-engah akhirnya saya masuk ke universitas brawijaya tercinta ini, saya cenderung malu dalam berbicara dan kalau bicara pun tidak jelas karena saya memiliki kekurangan yaitu tidak bisa melafalkan huruf “R”, saya baru berani bicara jika ditanya dan jika diberi kesempatan, akhirnya saya menjadi merasa kesepian, karena saya tidak bisa berkomunikasi dengan baik dan benar.

tahun 2009-2011 saya mencoba menggali potensi dalam diri saya, agar saya bisa mengatasi kekurangan saya ini, caranya dengan memetakan kekurangan

a. saya memiliki kekurangan tidak bisa bicara R

b. bicara terlalu cepat
c. bicara tidak sesuai substansi

d. tidak ada wibawa dalam berbicara

dll

Permasalahan tersebut saya coba atasi dengan:

a. Membaca Al quran

dengan membaca Al quran, ada tajwid dan panjang pendek yang diperhatikan, sehingga menurut saya secara tidak langsung akan melatih saya berintonasi dalam berbicara.

b. Membaca buku buku bagaimana cara membaca karakter lawan bicara

ada sebuah buku yang menarik untuk saya, dimana penulis menulis kalau dia menghabiskan waktu berjam jam untuk sekedar duduk di bandara, mengamati perilaku orang-orang di sekitarnya, dengan membaca buku ini saya melakukan eksperimen, saya suka duduk di stasiun lebih lama, melakukan hal yang sama dengan penulis tersebut, hasilnya, sangat luar biasa, saya mendapat pengalaman, kalau masing masing orang itu memiliki kepribadian yang bermacam-macam.

c. ikut berbagai macam organisasi

nah, yang ini memiliki pengalaman yang cukup enak,, kenapa? karena dengan berkumpul bersama teman teman kita jadi sering ngobrol. walaupun awal awal ga nyambung, atau hanya sekedar ikut tertawa saja karena tidak bisa membuat topik tidak apa apa, paling tidak sudah ada disana.

Walaupun sudah berbagai cara sudah saya coba, ternyata hasilnya tetap tidak maksimal menurut saya, walaupun ada peningkatan sih, tapii,, kata d’masiv jangan menyerah, ya sudah saya konsisten saja dengan apa yang saya jalani, akhirnya sampai pada suatu kesempatan yang tidak terlupakan seumur hidup. jadi waktu saya cuti kuliah, saya bekerja di PT cenas group, perusahaan itu adalah developer perumahan, saya mendapat posisi sebagai staff legal, yah pegawai biasa sih, tapi saya bertemu dengan berbagai macam orang dan benar benar berbicara untuk meyakinkan orang tersebut agar setuju dengan keinginan kita.

Kemudian setelah resign dari perusahaan tersebut saya menekuni usaha sendiri sebagai IT konsultan, melalui iklan di internet, ada orang yang datang ke saya untuk memasangkan server di tempatnya, namun untuk itu saya harus meyakinkan bos beliau katanya, oke lah saya berangkat malam itu untuk bertemu, tanpa saya sadari seiring dengan waktu dari saya yang tidak bisa bicara, saya dapat membaca karakter “bos” itu dan memahami apa yang dibutuhkan beliau, malam itu juga kami langsung menandatangani kontrak yang nilainya lumayan, saya kaget, ketika saya baca ternyata saya memasangkan server untuk PT. Sinergi, dimana PT. tersebut adalah rekanan utama dari Bank Bukopin.

Tahun 2013, tahun yang sulit, karena kondisi saya akhirnya bekerja sebagai guru SD di sekolah dasar, disana saya belajar pengalaman bagaimana bicara dengan anak kecil, yaitu harus tegas dan penuh kasih sayang. untuk mengajar di SD ini sudah saya tuliskan sebelumnya di https://pengetahuanuntukanda.wordpress.com/2014/03/04/belajar-komputer-tanpa-komputer/ 

Begitulah bagaimana saya mendapat keahlian berkomunikasi yang bahkan jauh jauh lebih baik dari sebelum saya SMA dan semua ini hanya karena Allah ta’ala yang memberikan kesempatan saya menjalani #myamazinglife

Penulis: dienst

Jika engkau dapat menemukan sedikit saja hal bermanfaat dari sini, maka sesungguhnya engkau dapat menemukan lebih banyak hal bermanfaat dari Al Quran. Setiap manusia memiliki potensi kesuksesan masing-masing. Maka jangan engkau lelah mengejar pelangimu sampai engkau dapat.

2 thoughts on “Cara Berkomunikasi

  1. really nice story, worth to read! Sometimes I’m thinking, What an amazing live we’re on?

    Keep a good score!

  2. yaps thats true.. , thanks for comment

Tinggalkan Balasan

