Blog sederhana

Campur-campur penuh warna

Statistika Ilmu Tuhan

Tinggalkan komentar

Kejadian ini bermula dengan perbincangan salah satu teman saya, saya memunculkan pertanyaan, kenapa dalam distribusi peluang ga pernah 100%, teman saya menjawab karena manusia pasti kemungkinan melakukan kesalahan, oke itu benar, tapi saya bertanya lagi kalo sudah ada statistika buat apa manusia berdoa?

Statistika ilmu tuhan? judul yang irrasional bukan, disana penuh yang namanya metode-metode memperkirakan dan memutuskan kemungkinan kemungkinan yang ada, menurut definisi statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.

Dalam ilmu statistika

menetapkan tujuan dari penelitian -> mengumpulkan data -> menganalisis -> menginterpretasi -> melaksanakan hasil analisis

kalau dalam kehidupan sehari hari bisa doa kita bisa dianalogikan

menetapkan manfaat dari doa tersebut -> mengumpulkan materi materi yang sesuai -> memproses doa -> output dari doa tersebut

kalau dilihat lihat sama lho..

1. menetapkan tujuan = menetapkan manfaat
sebelum kita menganalisis kita harus menentukan dulu tujuan dari penelitian ini apa, dalam kehidupan sehari hari pun juga sama apakah yang kita lakukan akan bermanfaat atau tidak.

2. mengumpulkan data = mengumpulkan materi materi
setelah diketahui tujuan itu apa, biasanya kita mulai mengumpulkan data sebagai dasar analisis, nah mungkin doa kita juga bisa dianalogikan sebagai berikut, Setelah Alloh mengetahui manfaat dari doa kita, Alloh mengumpulkan materi2 mengenai kita, dari kelakukan kita selama di dunia, laporan2 dari malaikat, dll yang saya ga tau dan bukan ilmu saya.

3. Menganalisis = memproses doa
tahukah anda sebuah software statistika dapat memproses data kurang dari 1 detik, itu buatan manusia apalagi Alloh.

4. interpretasi = output doa
inilah hasil akhir dari analisis, akankah kita menerima hipotesis atau menolak, begitupun doa akankah doa kita di terima atau ditolak

dari penganologian diatas, dapat kita perkirakan mengapa doa kita lama dikabulkan, bukan tidak mungkinkan karena kita itu buruk, kelakuan buruk, Sholat jarang, banyak maksiat, dll gimana doa mau dikabulin..

dan pernah kah anda membayangkan, hasil analisis statistika tidak ada yang pernah bisa 100%, maksimal 99.99% kemana sisanya? itu peran Alloh dan berasal dari doa kita. hasil analisis yang menunjukkan hasil peluang keberhasilan cuma 5% pun masih mungkin berhasil, tapi ya itu manusia lebih percaya sama yang mereka lihat.

banyak analisis yang diulang/ditolak karena hasilnya kurang dari 90%, bukan berarti itu juga sama dengan doa kita, walaupun kita merasa sudah melakukan yang baik2 tapi kalo Alloh lebih percaya/takdir kita yang 10% itu mau dikata apa..

lihat kembali definisi statistika, menurut saya pribadi definisi statistika adalah ilmu yang berusaha untuk menyaingi takdir dan doa kita

jadi kesimpulannya lakukan yang terbaik dulu, karena batas dari usaha/kerja keras kita adalah waktu dan apapun hasilnya adalah takdir.

Penulis: dienst

Jika engkau dapat menemukan sedikit saja hal bermanfaat dari sini, maka sesungguhnya engkau dapat menemukan lebih banyak hal bermanfaat dari Al Quran. Setiap manusia memiliki potensi kesuksesan masing-masing. Maka jangan engkau lelah mengejar pelangimu sampai engkau dapat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s