Blog sederhana

Campur-campur penuh warna

Peluang usaha mulai dari modal tenaga (tested by me)

2 Komentar

Selamat malam bloggers,, aku fitrah ingin menshare pengalamanku dalam berwirausaha, selama 6 tahun aku sudah mencoba berbagai macam jenis usaha, langsung aja berikut jenis usahanya:

1.  Pulsa Elektrik All Operator

Usaha ini sudah kumulai sejak kelas 3 SMP, semua orang yang memiliki hp dan bisa ngetik SMS dapat memulai usaha ini.

Modal: HP beserta perdananya, uang untuk deposit Rp.50.000

Tips: Jangan dihutangi lebih dari 1 hari atau anda akan bangkrut, gunakan kartu yang biaya smsnya murah, carilah distributor pulsa elektrik yang cepat dan terpercaya, jangan terlalu mudah percaya iklan dari internet, karena untungnya kecil juallah sebijak mungkin.

Output: dalam 5 tahun akhirnya saya memiliki Distributor pulsa elektrik sendiri

2. Jasa Fotocopy

Usaha ini sy lakukan karena kebetulan sy menjadi seksi fotokopi modul dari dosen, di sekitaran kampus harga fotokopi 125/lbr, sy keliling kota dan alhamdulilah mendapat tukang fotokopi yang harganya 75/lbr.

Modal: kesempatan dan tenaga

Tips: cari fotokopian yang murah tapi juga bagus

output: satu kali fotokopi bisa 40 lbr x 45 anak jadinya sekali fotokopi rata rata dapat lebihan 6000, lumayan tanpa harus bayar sy dapat modul gratis kadang kadang bisa beli mizone.😀

3. Jasa Print

Sama dengan poin 2, kadang kadang ada modul yang dari softkopi harus di print. karena saya punya printer dan kertas banyak, jadilah sy membuka jasa ini untuk siapa saja yang mau ngeprint, temen kost, temen sekelas, temen organisasi.

modal: Printer, kertas, laptop/komputer dan tenaga

output:  dapet bensin ke kampus gratis, hehe

4. Jual Barang teman

bukan maling, kadang ada teman yang pulang kampung, di daerahnya ada khas yang di malang yang ga ada, sy nitip belikan, nanti waktu di malang sy jualkan, keuntungannya dibagi 2.

modal: tenaga dan kemauan.

tips: harus fokus

output: karena waktu itu lagi banyak tugas, organisasi, usaha baru, dan ngurusi server pulsa, akhirnya sama teman di bawaain rengginang kering 1 dus harus rela di kutu in dan akhirnya dibuang. Alhamdulilah temen pengertian, dan aku terhindar kerugian.

5. Jual Jus Buah

poin ke 4, dijelaskan sy membuat usaha baru yaitu jualan jus buah, karena waktu itu dapat tambahan modal, sy berencana membuat franchise jus buah campur susu, namun karena tidak ada yang menjaga bangkrut deh..

modal: tenaga, uang 1 juta (untuk blender, stand, sewa tempat dan stok awal).

tips: harus pintar membayangkan setelah usaha berjalan siapa yang mau neruskan, dan berapa tenaga yang masuk.

output: kerugian 1 juta dan tugas terbengkalai. ternyata setelah dijalankan, animo pasar tidak begitu baik karena kami berada di daerah kampus harga jus yang 5000an tidak cocok untuk menjadi jajanan sehari hari, banyak faktor lain yang membuat usaha ini gagal total paling utama mungkin terlalu prematur mendesign usaha.

6. rental mobil

Alhamdulilah sy di percaya orang tua membawa mobil, cukup tua carry tahun 94, ya sudah karena dalamnya cukup luas, mobil ini sy sewakan untuk teman teman organisasi yang mau outbond atau acara yang membutuhkan mobil seperti angkot juga teman yang mau pindahan kost. dengan kisaran harga yang cukup murah karena disopiri sy sendiri

modal: mobil, bensin dan tenaga

tips:lebih baik mobil dibawa sendiri.

output: servis mobil gratis, makan di pizza hut atau sejenisnya setelah antar jemput.

7. Distributor Pulsa Elektrik

karena sy jualan pulsa sudah cukup lama, sy merasa sangat sulit bersaing dengan teman sendiri, lalu muncullah ide kenapa tidak sy ang menjadi distributornya, akhirnya sy browsing browsing di google, jadilah server pulsa.

modal: server pulsa senilai 5 jt, stok 1 jt,tenaga marketing.

tips: menjadi distributor pulsa memiliki keuntungan yang lebih kecil tapi pasar yang sangat luas, jadi kuncinya ada di marketingnya.

output: hingga saat ini menjadi bisnis yang paling matang yang sy kelola, pernah mendapat omzet kotor 300 juta/bulan dengan keuntungan bersih 2 jt.

8. Perakitan server pulsa

Kerana saya bisa merakit server sendiri dari 0 hingga berjalan, sy ingin menjual ilmu yang sy punya, akhirnya sy beriklan di kaskus mengenai perakitan server pulsa.

modal: internet, komputer, tenaga.

output: sy sudah menjual ke 5 orang dari jasa perakitan sampai peralatannya, semuanya sy lakukan tanpa modal karena barangnya sy beli setelah ada dp, ditotal dari ke lima orang itu sy mendapatkan keuntungan sekitar 10jt, sangat membantu dalam membiayai kuliah dan mensuport usaha distributor pulsa.

9. online shop

terinspirasi teman sy yang membeli tas secara online, sy mencoba kulakan barang dan menjualnya di facebook.

modal: 500 rb untuk tas dan aksesoris

output: bangkrut karena fashion terus berkembang dan saya laki laki, sedangkan sy membeli tas dan aksesoris untuk perempuan.

10. Jual Beli HP online

karena sy maniak hp, sy suka membeli hp-hp murah di kaskus, karena ada saja orang yang menjual hpnya dibawah harga pasar. akhirnya sy beli 1 hp, ternyata sy ga suka modelnya, sy lihat harga pasar hp ini memiliki harga yang lebih tinggi dari sy membelinya kemaren, Alhamdulilah sy jual dan laku, selain ambil hp yang murah dan dijual lagi, sy juga menjual hp dari teman teman yang menitipkan untuk dijualkan, sy dapat komisi dari sana dan tentunya sy jual lebih tinggi😛

modal: kalo hp teman, berarti tanpa modal, kalo harus beli dulu ya seharga hp itu

tips: harus ngerti hardware, software dan harga hp

output: dapat tambahan buat jajan dan jalan jalan.

11. Kredit Syariah HP

Usaha ini usaha terbaru yang sy lakukan, didorong teman yang ingin punya hp baru tapi kurang duit, akhirnya sy inisiatif membelikan hp. jadi….

misalkan harga asli hpnya 1.5, sy menjual ke teman sy tanpa bunga, tapi sy mengatakan harga hp ini sy jual 2.5 juta dan boleh dicicil 10 x.

modal: tergantung harga hp yang dimau, mulai dari 1.5 jt

tips: harus seleksi calon pembeli

output: dapat deposito 10 bulan, hehehe

12. Les Privat

Jenis usaha ini sy lakukan sampai saat ini, dengan penghasilan sekitar 30 rb sekali pertemuan, pertama kali sya mengajar waktu semester 2, sy daftar di bimbel yang menyediakan guru privat,memang penghasilan kita akan dipotong tapi dari pada mengeluarkan banyak tenaga untuk mencari murid, its worthed lah..

modal: kemampuan mengajar bidang yang dikuasai

tips: harus menguasai mata pelajaran

output: dapat sedikit lebihan..

 

13. Warnet

jika Allah berkehendak maka terjadilah, ya begitulah ada saja cara Allah untuk mengabulkan doa hambanya, entah bagaimana ada orang yang menitipkan modal ke saya, kemdian saya gabungkan dengan modal saya peribadi, saya memulai bisnis warnet dengan 10 komputer spek standart pada tahun 2012-2013. Baru 3 hari buka warnet kami dimalingi orang. 9 komputer habis bersih, karena ruko sudah dikontrak selama 1 tahun, saya mencari hutangan sana sini dan ada orderan dalam 1 bulan 3 pemasangan server pulsa untuk membeli komputer lagi, akhirnya terbeli 5 komputer high end. Ternyata mengambil hutang dari yang saya alami adalah kesalahan besar. dalam 1 tahun usahanya habis karena asset dijual termasuk server pulsa untuk menutupi kerugian.

modal = 40 jt

tips= toko harus dijaga baik baik oleh orang yang bisa dipercaya, keuangan harus teratur, harus mempersiapkan kemungkinan terburuk.

Output = Kerugian besar dan hilang kepercayaan

14. Service hp dan laptop

Setelah semua modal saya habis karena usaha warnet dan server pulsanya bangkrut, saya mulai lagi dari nol, saya kembali berkuliah dibiayai om, sambil kuliah saya nyoba buka servisan laptop, komputer dan hp bermodal pengalaman saya waktu mengelola server pulsa dan warnet. enaknya bisnis ini tanpa modal besar, resiko yang ada pun sepenuhnya ditanggung konsumen dengan perjanjian awal tentunya.

bersambung..

 

 

 

 

bermacam-macam usaha sy lakukan, ada yang gagal ada juga yang berhasil, buat yang baru/lagi berpikir untuk memulai usaha jangan patah semangat, pasti ada hikmah di setiap kegagalan. pikirkan setiap orang yang kita temui adalah uang, dan tanya kepada diri teman2, bagaimana uang itu menjadi milik saya? InsyaAlloh teman teman akan berhasil.

Penulis: dienst

Jika engkau dapat menemukan sedikit saja hal bermanfaat dari sini, maka sesungguhnya engkau dapat menemukan lebih banyak hal bermanfaat dari Al Quran. Setiap manusia memiliki potensi kesuksesan masing-masing. Maka jangan engkau lelah mengejar pelangimu sampai engkau dapat.

2 thoughts on “Peluang usaha mulai dari modal tenaga (tested by me)

  1. banyak pengalaman usaha. bisa berguru k ente nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s