Blog sederhana

Campur-campur penuh warna

pengalaman Membuat PKM

Tinggalkan komentar

Teman teman sudah tahu belum dengan yang namanya PKM, nah jadi PKM itu adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa, yahh.. semacam lomba gitu deh.. PKM itu diadakan oleh DIKTI secara nasional yang bekerja sama dengan universitas, kebijakan di universitas saya kalau teman=teman mendapat medali emas, kalian akan bebas SKRIPSI, waw….

okey, katanya microsoft office dan sejenisnya, saya mulai dengan getting started, emm… pertama-tama saya lihat jadwal pengumpulan PKMnya dulu, ternyata masih 2 bulan lagi, yha nyantai lha, kita ngopi dulu, ngegame, pulkam, namun pada akhirnya waktu yang tersisa hanya 2 minggu, ya ampun bagaimana ini??, secapat mungkin saya membentuk kelompok, yang paling mudah menemukan orang yang bisa diajak diskusi tiap hari adalah temen sekontrakan saya, untung lah mereka berminat, ditambah dengan sahabat saya kelompok kami beranggotakan 4 orang dengan ketuanya angkatan 2008 jurusan matematika.

setelah kelompok terbentuk kami menentukan jenis PKM apa yang akan disampaikan, karena jiwa sosial yang sangat tinggi, walaupun kami anak IPA, hehe.., kami memutuskan memilih PKM jenis pengabdian masyarakat, oke berlanjut ke langkah selanjutnya, yaitu penentuan ide, ada yang merencanakan sistem informasi terpadu se-indonesia, ada alur pembuatan KTP online, ada pembuatan makanan sehat untuk masyarakat, hufft… pusing..

akhirnya setelah perdebatan begitu panjang kami memutuskan memilih judul mobil pintar sebagai pusat informasi masyarakat terpencil, maksa sih, tapi ya gapapalah yang penting dicoba dulu, hmm, besoknya di kampus ada pengumuman, ternyata batas pengumpulan ditunda hingga 1 bulan mendatang, alhamdulillah.. setelah pembagian poin-poin penyusunan proposal, kita nyantai lagi.. hahaha

H-2 minggu, apa yang telah kita capai?, “nothing”, karena semakin dekatnya dengan hari pengumpulan, ketua kami mengeluarkan perintah untuk mencari dosen pembimbing, sebagai syarat PKM itu,, jadi saya memulai bersama sahabat saya mencari dosen pembimbing, Alhamdulillah lagi, Pak Darmanto S.Si, bersedia membimbing kami. setelah mengajukan konsep beliau menyarankan agar proposal dibuat lebih spesifik dan agar datang lagi 3 hari setelah proposalnya jadi.

Tantangan kembali menghampiri PKM kami, Ketua kami kondisinya sedang tidak baik, duh , mana proposal belum jadi, dengan kekuatan seadanya ditambah ketua yang berusaha semaksimal mungkin, proposal kami berganti nama menjadi Mobil Pintar Sebgai Pusat Informasi Kesehatan, proposal awal sudah jadi, berantakan pula, tapi tak apalah, yang penting bisa ditunjukkan ke pak Darmanto, nah, parahnya H-1 minggu, kami baru membaca panduan membuat PKM dari DIKTI, ternyata dan ternyata untuk PKM-M harus melampirkan surat pernyataan dari pihak yang akan dituju, the problem is come..

Awalnya saya dan sahabat saya yang akan pergi karena hanya ada 1 motor untuk pergi ke dinas pendidikan, tapi saat itu kondisi ketua kami memprihatinkan, oleh karena itu motor yang akan digunakan untuk pergi ke dinas dipakai mengantar ketua kami, kebetulan saya yang mengantar, hehe, setelah dari rumah sakit, karena waktu dan karena keagungan ketua kami”wkwkw”, akhirnya saya dan ketua kami yang pergi ke kepanjen, untuk mencari data SD yang membutuhkan, setelah perjalanan 1.5 jam dan di hadang polisi, “huhu 20rb melayang”, kami berhasil mencapai Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, yeee!, disana kami bertemu dengan stafnya, beliau menyaratkan harus memakai surat untuk meminta data SDnya, “aduh ni niat menolong kok dipersulit”
dalam kondisi bersedih hati, dan semangat 20% kami kembali ke malang, esoknya agar tidak bolak-balik, saya membuat surat yang ditandatangani KAJUR, disana saya mendapat pengetahuan baru, kalau membuat surat antar intansi harus disertai kop surat, yes! disini saya sangat dipermudah, thanks…

oke H-4, proposal 80%, surat belum ditangan, karena hari minggu, hari itu juga saya dan sahabat saya mencari tahu sendiri, mana SD yang membutuhkan, setelah perjuangan seharian penuh, kami mendapat SD Sumbersuko yang cukup memprihatinkan atas info dari seorang teman. Hmm.. masalah tak kunjung berhenti, ternyata sahabat saya berniat mengundurkan diri dari PKM ini, karena ada PKM lain yang harus dia tangani, dan dia mempunyai andil besar dalam PKM itu. putus asalah saya….

H-3, sudah tanggung, perjalanan kami masa’ harus berhenti?, akhirnya ketua kami bertindak, dia sendirian ke Wagir, dekat gunung kawi untuk mendatangi SD itu agar mendapat surat pernyataan memang beliau orang yang tangguh dan tidak mudah berkeluh kesah, “tidak seperti saya”, hehe.. ternyata kepala sekolahnya tidak dapat ditemui, masalah lagi, dan masalah, tapi beliau dapat info dari staf disana kalau langsung menemui kepala subbag SD/MI di kabupaten malang, ya sudah besoknya (H-1) saya dan mantan anggota kami sahabat saya, “bukan mantan sahabat ya..” karena cuma dia yang memiliki motor, dan terjadilah kita ke kepanjen lagi, jauh sih, tapi lumayanlah sekarang ga ditangkep polisi, hehe..

Nah di ruangan SD/MI saya kembali mencari bapak yang pertama kali ketemu dengan saya, tetapi beliau tidak ada, akhirnya saya ketemu dengan ibu-ibu yang lumayan baik sih, kenapa lumayan, karena beliau menyamakan kami seperti peminta bantuan, jadi kita harus melewati KESBANGLINMAS, TU dinas pendidikan dan bla-bla, parahnya baru bias ditanggapi 4 hari lagi.

Dengan putus asa kembali dan tanpa harapan kita pulang dengan kecepatan kura-kura, ga beberapa lama… ADA ide lagi, jadi minimal proposal ini diterima, minimal kita ada 1 yang bisa diajak kerjasama, harapan muncul dipengunjung hari, kami menemukan SD Pakisaji 02, sungguh luar biasa kami datang kesini, tanpa berlibet, hari itu juga kami mendapat surat pernyataannya, Alhamdulilah, tenang…

Terlalu fokus dengan surat itu, kami terlupa dengan lembar pengesahan.dan sekarang hari H, untungnya kami mendapat satu anggota baru, dan dia membantu menyelamatkan kami untuk meminta tanda tangan lembar pengesahan, aduh sangking ribetnya urusan kami, di buku panduan itu, surat pernyataan di tandatangani di atas materai rangkap 3, waduh!

Minus 3 jam, saya dengan mengeluarkan skill yang saya punya, ngebut untuk mendapat tandatangan, dan sampailah hanya 45 menit, waw rekor.., secepat itu pula saya kembali ke malang, menyerahkan lembar pengesahan untuk dijilid, hmm, karena panik mungkin ya.. jilidnya salah lagi, ternyata harus hardcover, dan itu sudah plus 10 menit, untunglah Pak Heri bagian penerimaan proposal, mengijinkan kami untuk mengubah jilid-an kami,

Akhirnya Hari-H plus 45 menit, proposal jadi, dan hati kami tenang juga.. tinggal menunggu hasilnya deh, mungkin banyak hal yang bisa teman-teman petik sendiri hikmahnya.. semoga sukses para pejuang PKM tahun 2011-2012 ya!! Ganbatte…

Penulis: dienst

Jika engkau dapat menemukan sedikit saja hal bermanfaat dari sini, maka sesungguhnya engkau dapat menemukan lebih banyak hal bermanfaat dari Al Quran. Setiap manusia memiliki potensi kesuksesan masing-masing. Maka jangan engkau lelah mengejar pelangimu sampai engkau dapat.

Tinggalkan Balasan

