Blog sederhana

Campur-campur penuh warna

Teori peluang

Tinggalkan komentar

setelah uas yang mendebarkan, yang akhirnya selesai sudah, saya ingin membagi rangkuman saya tentang Teori peluang,

Dalam kehidupan sehari-hari kita tak pernah tidak lolos dari yang namanya pilihan, pilihan tersebut mengantarkan kita pada tujuan yang lebih baik, kadang ada pilihan yang memiliki tingkat keberhasilan yang lebih besar dari pilihan lainnya, namun kadang juga sebaliknya. Tingkat keberhasilan itulah yang dinamakan peluang. Teori peluang sendiri berasal dari permainan judi pada sekitar abad ke 17, oleh chevalier de mere dan blaise paskal, namun teori umumnya lahir sekitar abad ke 19.

Teori peluang didasari oleh beberapa konsep peluang yaitu himpunan, permutasi dan kombinasi, oleh karena itu akan dibahas terlebih dahulu.

Ruang sampel

Dalam setiap percobaan pasti ada keterangan yang dihasilkan, karena belum diolah, keterangan tersebut dinamakan data atau pengamatan, contohnya

Suatu penelitian tentang mobil merk A dan mobil merk B dengan spesifikasi sama, hasil dari penelitian itu adalah kecepatan. Dalam statistic kecepatan-kecepatan yang mungkin terjadi dari semua percobaan itu dikatakan sebagai populasi. Nah kumpulan data tersebut disatukan dalam kurung kurawal { } dan dipisahkan tanda koma “ , ” dinamakan ruang sampel dan dinyatakan dalam lambang T.

T = {A1,A2,..,An} A = Hasil pengamatan atau Titik sampel

Setelah kita mengetahui bagaimana penulisan ruang sampel perhatikan pula hal berikut ini,

  1. Lambang bisa apa saja, symbol, angka dan huruf.
  2. Dalam beberapa buku peluang ruang sampel dinamakan himpunan.

Contoh 1

3 keping koin dilempar, tentukan ruang sampelnya!

Jawab:

Z = {AAA, AAG, AGA, GAA, AGG, GAG, GGA, GGG}

Contoh 2

1 buah dadu dilempar, kemudian carilah ruang sampelnya!

Jawab:

Soal ini berbeda dengan sebelumnya karena dadu memiliki 2 kemungkinan jawaban, yaitu angka dan kemungkinan ganjil atau genap, maka untuk ruang sampel angka

A = {1,2,3,4,5,6}

Dan untuk ruang sampel ganjil atau genap

B ={ ganjil, genap }

Perhatikan contoh soal 2, ternyata dengan keterangan yang diberikan oleh A, ruang sampel dari B dapat dibentuk, oleh karena itu pada umumnya soal yang memiliki kemungkinan jawaban lebih dari satu, kita cukup memberikan jawaban yang dapat menjelaskan kemungkinan jawaban lain.

Teknik mengerjakan soal ruang sampel

  1. Mencacah semua kemungkinan

Cara ini merupakan cara dasar yang digunakan untuk mencari ruang sampel, efektif untuk titik sampel yang sedikit dan tidak bertingkat.

Contoh:

1 keping uang koin {A, G}

1 buah dadu {1,2,3,4,5,6}

  1. Membuat diagram pohon

Tahukah anda tentang silsilah keluarga? Hal tersebut juga sama pada diagram pohon, cara ini cocok untuk titik sampel yang banyak dan bertingkat.

semoga bermanfaat.. ^_^

Penulis: dienst

Jika engkau dapat menemukan sedikit saja hal bermanfaat dari sini, maka sesungguhnya engkau dapat menemukan lebih banyak hal bermanfaat dari Al Quran. Setiap manusia memiliki potensi kesuksesan masing-masing. Maka jangan engkau lelah mengejar pelangimu sampai engkau dapat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s